【留学フェア特集2012】 Mencari Makanan Halal

Dengan harga yang relatif murah, daging babi memang gemar dipakai dalam masakan Jepang, baik sebagai bahan utama maupun bumbu penyedap.

Namun, hal ini justru menjadi kendala besar bagi warga Muslim yang tinggal di Jepang, apalagi dalam kurun waktu yang relatif lama.

Masakan halal di Jepang, memang menjadi sesuatu langka, namun bukan berarti tidak ada. Beberapa restoran di Jepang sekarang sudah mulai menyediakan berbagai masakan halal, misalnya gyoza halal yang sama sekali tidak menggunakan daging babi atau sake.

Selain itu, di Jepang juga banyak terdapat restoran halal dari luar negeri bahkan dari Indonesia, seperti Siddique Restaurant (restoran Pakistan), Subah Restaurant, Restoran Cabe, Restoran Surabaya, dan Restoran Bali.

Tidak hanya restoran, warga Muslim di Jepang juga dapat memesan bahan makanan halal melalui situs online, salah satunya baticrom.com yang dibuat oleh orang Pakistan.

Situs ini menjual bahan masakan halal mulai dari daging, bumbu masakan, hingga mi instan. Masyarakat Indonesia juga dapat memesan bahan masakan yang biasa dijual di Indonesia melalui situs baticrom ini, seperti Indomie, Indofood, ABC, bahkan bumbu Masako.

Dengan belanja di atas 7000 yen untuk bahan makanan dingin dan di atas 5000 yen untuk makanan kering, akan bebas dari biaya pengantaran.

特別企画 の最新記事

関連記事

本日の紙面

JJC

人気連載

天皇皇后両陛下インドネシアご訪問NEW

ぶらり  インドネシアNEW

有料版PDFNEW

「探訪」

トップ インタビュー

モナスにそよぐ風

今日は心の日曜日

インドネシア人記者の目

HALO-HALOフィリピン

別刷り特集

忘れ得ぬ人々

スナン・スナン

お知らせ

JJC理事会

修郎先生の事件簿

これで納得税務相談

不思議インドネシア

おすすめ観光情報

為替経済Weekly