【ジャカルタ日本祭り特集】 "Beragam Pertukaran Seni dan Budaya" Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Fauzi Bowo

 Atas nama Pemerintah Propinsi DKI Jakarta dan segenap warganya, saya menyambut baik disertai rasa bangga, karena DKI Jakarta kembali mempe-roleh kepercayaan menyelenggarakan event keempat Festival Jak-Japan Matsuri Tahun 2012, yang berlangsung mulai tanggal 23 September sampai de-ngan 30 September 2012.

 Saya juga menyambut baik tema kegiatan, yaitu Indonesia-Jepang, Semakin Erat, Semakin Mantap : Ikatan Persahabatan yang Kuat, Beragam Pertukaran yang Luas. Tema tersebut memiliki makna sangat luas, yakni menunjukkan eratnya persahabatan antar kedua bangsa, serta beragam pertukaran seni dan budaya, kuliner serta pengaruh Jepang pada teknik penangkapan ikan oleh nelayan di Kepulauan Seribu yang dikenal dengan sebutan Muroami.

 Sejalan dengan tema Festival Jak-Japan Matsuri kali ini, saya percaya, persahabatan Indonesia dengan Jepang yang telah berlangsung lebih dari setengah abad atau telah mencapai 54 tahun, selain memberikan kontribusi signifikan terhadap hubungan erat diplomatik kedua negara, juga memperbesar ikatan dan cahaya api persahabatan kedua negara dan bangsa, serta kerjasama sister city dengan Kota Tokyo selaku Ibukota Negara Jepang secara lebih optimal di level kenegaraan.

 Bangsa Jepang dan Indonesia yang menjunjung tinggi peradaban dan budaya ketimuran, adalah dua negara yang dekat dari sisi sejarah dan memiliki banyak persamaan, antara lain melalui warna bendera kebangsaan kedua negara, yang didominasi warna merah dan putih, sebagai lambang keberanian dan kesucian serta ketulusan.

 Saya berharap, pagelaran Festival Jak-Japan Matsuri, semakin mempererat ikatan persahabatan dan persaudaraan yang lebih kuat kedua negara. Semoga pula kegiatan ini menjadi pionir kegiatan di bidang pariwisata, kebudayaan, pendidikan, lingkungan hidup, kesehatan dan kegiatan lainnya, serta memperoleh sambutan positif segenap warga DKI Jakarta.

特別企画 の最新記事

関連記事

本日の紙面

JJC

人気連載

天皇皇后両陛下インドネシアご訪問NEW

ぶらり  インドネシアNEW

有料版PDFNEW

「探訪」

トップ インタビュー

モナスにそよぐ風

今日は心の日曜日

インドネシア人記者の目

HALO-HALOフィリピン

別刷り特集

忘れ得ぬ人々

スナン・スナン

お知らせ

JJC理事会

修郎先生の事件簿

これで納得税務相談

不思議インドネシア

おすすめ観光情報

為替経済Weekly