【ジャカルタ日本祭り特集】 "Berkembang Sebagai Simbol Persahabatan" Duta Besar Jepang, Katori Yoshinori

 Menjelang “Jak-Japan Matsuri (JJM)” ke-empat tahun ini, menurut saya, JJM ini semakin banyak dikenal sebagai jembatan yang pen-ting dalam pertukaran budaya antara Indonesia-Jepang.

 Saya mengucapkan penghargaan dan terima kasih yang tulus kepada seluruh pihak yang telah berupaya dengan sekuat tenaga bagi penyelenggaraan Jak-Japan Matsuri ini.

 Tahun lalu kami menyelenggarakan JJM dengan tema “Terima kasih, Indonesia” untuk mengungkapkan rasa terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia atas dukungannya pada gempa dahsyat di wilayah timur laut Jepang. Kami berpendapat bahwa tugas kami untuk memperdalam kizuna, ikatan persahabatan, antara masyarakat Indonesia dan Jepang yang semakin dalam pasca bencana, kemudian memperluas pertukaran yang telah dibina selama ini, dan kami berpendapat ini merupakan sesuatu hal yang penting. Oleh karena itu, kami menetapkan tema JJM kali ini, yaitu “Indonesia-Jepang, Semakin Erat, Semakin Mantap”.

 Tahun ini pun beragam kegiatan akan diselenggarakan. Kegiatan baru yang akan diselenggarakan seperti Ekiden, lomba lari relay lima kilometer, lomba nyanyi Indonesia-Jepang yang diikuti bersama oleh kedua bangsa, kontes Yukata dan lain-lain bertambah pada tahun ini. Kemudian, Youth Eisa Group of Onna-Village dari Prefektur Okinawa akan datang untuk mempertunjukkan tarian asli daerah mereka. Selain itu, melanjutkan penampilannya tahun lalu, grup 21st Century Classical Japanese Music and Dance akan datang dari Jepang untuk menampilkan pertunjukan Tsugaru Shamisen, alat musik gitar Jepang, dan juga seorang penyanyi Jepang May J. akan berpartisipasi. Dari Jakarta grup idola JKT48 pun akan turut tampil memeriahkan acara. Saya yakin ini pasti akan menjadi Jak-Japan Matsuri yang luar biasa.

 Indonesia dan Jepang telah membina hubungan persahabatan dan kerja sama yang sangat erat dan merupakan buah kerja keras dari pihak-pihak yang berkiprah di berbagai bidang selama ini. Saya berdoa Jak-Japan Matsuri ini akan terus berkembang sebagai sebuah simbol dalam mempererat hubungan persahabatan yang selama ini telah dipupuk oleh masyarakat kedua negara dan kegiatan ini akan dicintai oleh semua orang.

特別企画 の最新記事

関連記事

本日の紙面

JJC

人気連載

天皇皇后両陛下インドネシアご訪問NEW

ぶらり  インドネシアNEW

有料版PDFNEW

「探訪」

トップ インタビュー

モナスにそよぐ風

今日は心の日曜日

インドネシア人記者の目

HALO-HALOフィリピン

別刷り特集

忘れ得ぬ人々

スナン・スナン

お知らせ

JJC理事会

修郎先生の事件簿

これで納得税務相談

不思議インドネシア

おすすめ観光情報

為替経済Weekly